Selamat Datang, Semoga Saudaraku Senantiasa dalam Keadaan Sehat dan Selalu Bersemangat..

Selamat Datang, Semoga Saudaraku Senantiasa dalam Keadaan Sehat dan Selalu Bersemangat..

Saturday, May 9, 2020

Menanggulangi Dampak Wabah COVID-19 Terhadap Pembelajaran di Riau, LPMP Riau Gelar Pelatihan Online Pembelajaran Daring Angkatan 1 dan 2

Fenomena Wabah COVID-19 yang begitu dahsyat, telah merebak di berbagai sektor kehidupan masyarakat. Sektor pendikan juga terkena dampak ini. Kegiatan dan program pendidikan tersendat, bahkan sebagian terhenti. Berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan beralih ke sistem online.
LPMP Riau sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan di Propinsi Riau sebagai salah satu lembaga yang terus berupaya mencari jalan keluar agar program pendidikan khususnya di Propinsi Riau dapat tetap berjalan.

Salah satu upayanya yaitu dengan membekali guru-guru Propinsi Riau dengan ketrampilan IT dasar untuk penyelenggaraan pembelajaran secara online. Pelatihan ini diselenggarakan secara gratis. Dan ternyata program ini disambut antusias oleh guru-guru. Begitu dibuka pendaftaran melalui medsos, dalam waktu tidak lama kuota satu kelas sebanyak 250 peserta pun penuh. Kemudian dibuka angkatan ke-2 dengan kuota yang sama, tak lama diedarkan juga telah penuh. Sementara masih ada guru-guru yang menanyakan pembukaan angkatan ke-3.
Pelatihan dilakukan selama 8 hari dengan sistem Online Meeting dan Tugas Daring. Pelatihan ini dibuka secara online oleh Kepala LPMP Riau Bpk. Yudi Nurman, M.BA, MM, dan dilanjutkan dengan materi oleh Narasumber dari LPMP Riau (Taufik Bambang, Waristo, Robby Shadri, Niger Balbara, Mohammad Adila Nusa, Reisky Bestary, Novriani, Linda Asdar) dan dari Duta Rumah belajar (Arnadi, Syukron dan Yayuk). Adapun materi yang disampaikan mencakup meeting online : Zoom meeting, skype, google hangout,  manajemene kelas online : google clasroom, edmodo, rumah belajar, dsb, sampai penilaian : Quizis, google form, Edmodo, dan juga manajemen kelas daring : persiapan perangkat daring, membimbing diskusi siswa daring, dsb.
Guru dengan sangat antusias mengikuti meskipun dengan berbagai keterbatasan sarana dan prasarana di rumahnya serta kondisi jaringan internet yang beraneka ragam.

0 comments: