Selamat Datang, Semoga Saudaraku Senantiasa dalam Keadaan Sehat dan Selalu Bersemangat..

Selamat Datang, Semoga Saudaraku Senantiasa dalam Keadaan Sehat dan Selalu Bersemangat..

Thursday, July 31, 2014

Tips Membangun Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan merupakan saat yang menyenangkan, setelah berbagai kesibukan dan pekerjaan maka tibalah waktu bersantai bersama keluarga dalam waktu yang cukup lama. Waktu liburan pun berjalan dan suka cita bercengkrama bersama keluarga di kampung halaman. Ada Bapak, Ibu, Kakek, Nenek, Paman bahkan teman-teman di waktu kecil. 
Setelah beberapa lama waktu liburan berlalu, maka saat liburan telah kembali ke tempat bekerja. Namun ada kalanya setelah tiba waktunya bekerja semangat kita terkadang masih kendor. Rasanya belum siap untuk memulai aktivitas rutin. Perasaan liburan masih terbawa. Ada beberapa tips dalam menjalankan kembali aktivitas kerjanya, diantaranya :
  1. Salam Hangat Pembuka
  2. Hari pertama anda masuk ke kantor anda jangan lupa mengawali dengan berdo'a (Bismillah, alfatihah, dsb). Selanjutnya awali kehadiran Anda di tengah-tengan rekan kerja dan kolega dengan salam hangat pembuka untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif serta akrab. Bila perlu ada sedikit oleh-oleh liburan Anda buat rekan-rekan dan kolega Anda.
  3. Identifikasi Pekerjaan Terakhir
  4. Lakukan identifikasi pekerjaan terakhir Anda sebelum liburan, catat dan berilah tanda progarm-program yang telah terlaksana dan yang belum serta lihat catatan masing-masing program.  
  5. Membuat Rencana Kerja
  6. Buatlah rencana kerja anda serta target waktu penyelesaiannya. Lakukan skala prioritas pekerjaan yang akan anda lakukan. Lengkapi juga dengan catatan-catatan khusus untuk setiap progam.
  7. Segera Awali Rutinitas Kerja
  8. Segera awali rutinitas anda tanpa menunda-nunda waktu. Persiapkan perangkat-perangkat kerja anda dan persiapkan kembali perangkat-perangkat yang telah kadaluarsa. Buat hal-hal yang baru di ruang kerja anda untuk menciptakan semangat baru kerja anda. 
  9. Komunikasi dengan Rekan
  10. Lakukan komunikasi dengan rekan dan kolega anda mengenai berbagai hal untuk menciptakan harmonisasi pekerjaan anda. Komunikasi juga untuk membangun suasana kerja anda yang kondusif.
Selanjutnya anda lanjutkan aktivitas kerja anda dengan suasana baru, hangat dan bergembira. Gunakan waktu-waktu anda untuk mengukir prestasi-prestasi baru anda dalam bekerja. Jangan lupa senantiasa niatkan kerja untuk ibadah kepada Allah SWT agar kerja anda menjadi ibadah. Bersyukurlah senantiasa kepada Allah agar nikmat anda semakinbertambah. Semoga bermanfaat.
Literatur : http://www.kabar24.com/inspirasi/read/20140731/22/225480/kembali-semangat-bekerja-setelah-libur-lebaran-dengan-3-tips-ini

1 comments:

mantabbbbbbbbbbbb....... sekali
.
.
LANJUTKAN salam semangat